You are here: Iklan umum

MAHKLUK HIDUP DAN SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam hayati adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan untuk keperluan hidup manusia. Yang termasuk sumber daya alam hayati antara lain tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme, jadi dalam batasan mahkluk hidup. SDAH termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena dapat rusak jika digunakan dan dapat tumbuh lagi secara alami melalui proses reproduksi atau suksesi.meskipun SDAH dapat diperbaharui bukan berarti tidak dapat punah. SDAH akan punah apabila kita memanfaatkan seenaknya saja tanpa menjaga kelestariannya. Seandainya produsen punah maka herbivore juga punah dan dengan sendiriya karnivora punah,sehingga kehidupan di dunia ini berakhir.

Negara Indonesia yang subur gemah ripah lohjinawi sebenarnya kaya akan SDAH. Hal ini juga didukung oleh factor letak Indonesia di khatulistiwa dan pengaruh iklim Indonesia yang sangat cocok untuk pertumbuhan SDAH. Setiap SDAH mempunyai karakter sendiri – sendiri sehingga mempunyai manfaat masing – masing. SDAH sangat penting bagi kehidupan manusia, hanya saja masyarakat Indonesia belum dapat memanfaatkan secara optimal. Indonesia yang terkenal kaya akan SDAH masih mengimpor makanan pokok dari luar negeri. Kita menggantungkan diri ada luar negeri yang sebenarnya lahan mereka tidak sesubur dan seluas Indonesia.

Wilayah negara di luar negeri yang sempit, seperti di Negara Jepang, namun mereka mau bekerja keras dan mempunyai tekat yang bulat sehingga lahan yang kurang subur dan sempit dapat memberikan hasil yang melimpah. Sungguh disayangkan orang – orang Indonesia sudah terbiasa hidup enak ibarat meletakkan sesuatu di tanah tumbuh dengan sendirinya, sehingga membuat mereka malas dan tidak mau bekerja keras.

Tidak ada komentar: